//Duta Genre Prov. Kalteng Jadi Wadah Informasi, Pendidikan, Konseling dan Pelayanan tentang Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja

Duta Genre Prov. Kalteng Jadi Wadah Informasi, Pendidikan, Konseling dan Pelayanan tentang Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja

Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutan

MMCKalteng – Palangka Raya – Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menghadiri Momentum Peringatan Hari HIV / AIDS Sedunia Tingkat Prov. Kalteng, bertempat di Kedai Kopi Diujung Senja Jl. G. Obos, Sabtu (17/12/2022). 

Sebagai informasi, momentum peringatan hari HIV / AIDS Sedunia diinisiasi oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov. Kalteng. Momentum ini juga dirangkai dengan Pengukuhan Duta Generasi Berencana (Genre) perwakilan BKKBN Prov. Kalteng periode 2022-2024 dan Penyerahan Hadiah Festival Film Pendek. Duta Genre yang dikukuhkan terdiri dari 42 remaja putra dan putri. Adapun Duta Genre sebagai wadah pemberian akses informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga bagi remaja di Prov. Kalteng.

Sedangkan daftar pemenang Festival Film Pendek yakni Juara I Jadmiko dengan judul film (Makan Ikan Yuk), Juara II Dhimas Prasetyo (Sadar), Juara III Aji Jaya/Ahmad Hidayat (Kegagalanku Kesuksesan Anaku), Editing terbaik Jadmiko dengan judul film (Makan Ikan Yuk), Sutradara terbaik Jadmiko dengan judul film (Makan Ikan Yuk), Skenario terbaik Aji Jaya/Ahmad Hidayat (Kegagalanku Kesuksesan Anaku), Sinematografi terbaik RR ENT/Riant Anggoro (Cegah Stunting Sejak Dini), dan Pemeran terbaik RR ENT/Riant Anggoro (Cegah Stunting Sejak Dini).

Pengukuhan Duta Genre Prov. Kalteng oleh Plt. Kepala BKKBN Prov. Kalteng Dadi Ahmad Roswandi

Ivo Sugianto Sabran dalam sambutannya mengingatkan kepada para remaja, melalui momentum peringatan hari HIV / AIDS Sedunia ini untuk bersama-sama melakukan kegiatan pencegahan HIV dan penanggulangan AIDS bersama sektor terkait, lembaga masyarakat, swasta, dunia usaha, masyarakat sipil, media massa, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat luas lainnya dalam menekan laju epidemi HIV / AIDS di Kalteng.

Ia menjelaskan, remaja harus punya komitmen kuat untuk menikah di usia idel yaitu diusia 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki. Remaja harus punya komitmen tidak melakukan sex di luar nikah secara bebas sebagai wujud kepedulian akan  menghargai kesehatan reproduksinya serta harus bersih dari NAPZA yang dapat menghancurkan mental dan juga masa depan remaja. “Saya berharap kegiatan ini harus menghasilkan tujuan yang baik yaitu keterlibatan remaja yang peduli akan kesehatan reproduksinya sehingga pada akhirnya nanti Kalteng mampu menekan kasus HIV / AIDS,” terang Ivo.

Sementara itu, Plt. Kepala BKKBN Prov. Kalteng Dadi Ahmad Roswandi dalam laporannya mengatakan, momentum peringatan hari HIV / AIDS Sedunia bertujuan mengajak para remaja untuk bersama-sama menjadi seorang remaja yang produktif dan berprestasi dan mengajarkan pada remaja untuk berkomitmen mengubah diri menjadi seorang remaja yang berprestasi dan produktif walaupun memang tidak mudah dilakukan. “Namun sebagai remaja dituntut harus memiliki semangat tinggi dan berintelektual, karena remaja adalah pemuda yang menjadi calon pemimpin masa depan,” tutur Dadi.

Penyerahan Hadiah Festival Film Pendek oleh Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran

Turut hadir, unsur Forkopimda, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden, para Dewan Juri serta undangan lainnya. (Ay/Foto:Iksan)

Sumber: MMC Kalteng